Jihadi John Warga Inggris Anak Orang Kaya Kelahiran Kuwait

Berita Internasional Update

Jihadi John pernah ditangkap saat berusaha memasuki wilayah Tanzania




Hidayatullah.com–Algojo kelompok bersenjata ISIS/ISIL yang menjadi terkenal dengan sebutan Jihadi John setelah publikasi video pemenggalan seorang warga Amerika Serikat tahun lalu, diketahui sebagai seorang warga Inggris kelahiran Kuwait.


Dilansir Euronews hari Kamis (26/2/2015), warganegara Inggris kelahiran Kuwait bernama Mohammed Emwazi telah diidentifikasi sebagai militan yang disebut “Jihadi John”, yang terlihat dalam beberapa video pemenggalan tawanan ISIS/ISIL.


Jihadi John pertama kali disebut-sebut oleh media Amerika, setelah media-media di Inggris dilarang untuk mengungkapkan identitasnya oleh pihak keamanan negara itu. Identitas Jihadi John kemudian dikonfirmasi oleh sumber-sumber dari pemerintah Amerika Serikat.


Emwazi pindah ke Inggris ketika masih kecil dan merupakan seorang anggota keluarga kaya yang tinggal di West London. Dia diyakini menjadi radikal sekitar tahun 2009, ketika lulus kuliah. Emwazi pernah ditangkap saat berusaha memasuki wilayah Tanzania. Dalam perjalanannya kembali ke Inggris, Emwazi diinterogasi oleh intelijen Inggris MI5 di Amsterdam, Belanda.


Tahun berikutnya dia ditahan dan direkam sidik jarinya (biasa dilakukan atas tersangka pelaku kejahatan), dan dilarang pergi ke Kuwait di mana dia akan menikahi seorang wanita setempat.*






Previous
Next Post »