Dewan Syura Saudi Minta Anggaran untuk Perawatan Masjid Ditambah

Dewan Syura juga menyoroti soal kurangnya jumlah petugas pengawas masjid, serta tidak cukupnya jumlah muadzin dan imam shalat.

Hidayatullah.com—Dewan Syura mendesak agar Kementerian Urusan Islam mengalokasikan dana lebih banyak untuk masjid-masjid, yang mana saat ini tidak mendapatkan anggaran untuk perbaikan dan kebersihan.

Hal itu disampaikan Dewan Syura hari Senin (16/6/2015) dalam pertemuan yang dipimpin oleh Ketua Dewan Syura Ibrahim Al-Asyeikh, lapor Arab News.

Pimpinan komite yang membidangi masalah berkaitan dengan umat Islam dan kehakiman, Dr. Falih Al-Sughair, merancang usulan tersebut berdasarkan pada laporan tahunan yang disusun Kementerian Urusan Islam untuk periode 1434-1435 H.

Berbicara kepada para wartawan, asisten jurubicara Dewan Syura, Dr. Yahya Al-Samaan, mengatakan bahwa sekitar 81 persen masjid-masjid yang ada tidak mendapatkan alokasi anggaran untuk perbaikan dan pemeliharaan kebersihan. Dengan adanya alokasi dana tersebut diharapkan masjid-masjid yang terbengkalai dapat melakukan perbaikan dan perawatan, sehingga jamaah shalat nyaman berada di masjid.

Selain itu, komite juga meminta alokasi dana untuk pengadaan geographical information system tahap kedua, yang mana perangkat tersebut nantinya akan memberikan informasi kepada pemerintah mengenai jumlah masjid yang ada di seluruh wilayah Kerajaan Saudi, beserta informasi lengkap tentang masing-masing masjid.

Dalam sesi akhir pertemuan hari Senin itu, Dewan Syura juga menyoroti soal kurangnya jumlah petugas pengawas masjid, serta tidak cukupnya jumlah muadzin dan imam shalat saat ini.*

from hidayatullah



from
via Pusat Media Islam
Previous
Next Post »