HRW Sebut Bom Barel Rezim Suriah Tewaskan Ribuan Sipil

image


NEW YORK, muslimdaily.net – Rezim Suriah telah melancarkan ratusan serangan udara yang menewaskan ribuan warga sipil pada tahun lalu, hal itu disampaikan sebuah kelompok hak asasi AS, Selasa (24/02).


Pasukan rezim telah mengerahkan amunisi udara tanpa pandang bulu, hingga yang mempunyai daya ledak tinggi, termasuk bom barel, terhadap warga sipil. Ini bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB yang memerintahkan mengakhiri penggunaan senjata-senjata itu, Human Rights Watch mengatakan dalam sebuah laporan.


Presiden Suriah Bashar Assad menyatakan dalam sebuah wawancara sebelumnya pada bulan Februari bahwa pasukannya tidak menggunakan bom barel meskipun bukti menunjukkan sebaliknya.


Bom barel terbuat dari drum minyak yang penuh dengan bahan peledak tinggi dan pecahan peluru untuk meningkatkan fragmentasi, dan kemudian turun dari helikopter. Murah dibuat dan diproduksi secara lokal dan lebih merusak daripada bom konvensional.


Dewan Keamanan PBB mengadopsi resolusi pada 22 Februari 2014, yang menuntut semua pihak dalam konflik di Suriah mengakhiri penggunaan sembarangan bom barel dan senjata lainnya di daerah sipil.


“Selama setahun, Dewan Keamanan telah melakukan apa-apa untuk menghentikan kampanye pemboman udara Bashar Assad di daerah yang dikuasai pemberontak, yang telah meneror, membunuh, dan menyebabkan mengungsi warga sipil,” kata Nadim Houry, Direktur Human Rights Watch wakil Timur Tengah dan Afrika Utara. “Di tengah pembicaraan tentang penghentian sementara kemungkinan serangan di Aleppo, pertanyaannya adalah apakah Rusia dan Cina akhirnya akan memperkenankan Dewan Keamanan PBB untuk menjatuhkan sanksi untuk menghentikan bom barel.”


Menggunakan citra satelit, kelompok itu mengatakan telah mengidentifikasi lebih dari 450 situs yang mengalami kerusakan besar di 10 kota dan desa yang dikuasai oleh kelompok-kelompok oposisi di Daraa dan lebih dari 1.000 di Aleppo antara 22 Februari 2014 sampai 25 Januari 2015.


“Dampak kerusakan yang dialami situs-situs itu menunjukkan secara sangat konsisten adanya ledakan besar, amunisi yang dijatuhkan di udara, termasuk improvisasi barel dan bom konvensional turun helikopter,” sebut laporan itu. “Kerusakan yang mungkin hasil dari penggunaan roket, rudal, atau bom bahan bakar udara juga mungkin dalam beberapa kasus.”


Ia juga mengatakan laporan independen yang diajukan oleh kelompok-kelompok Suriah menunjukkan bahwa serangan pemerintah menyebabkan kematian ribuan warga sipil di wilayah oposisi selama setahun terakhir.


“Dewan Keamanan harus memberlakukan embargo senjata terhadap pemerintah Suriah dan kelompok yang terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia secara meluas atau sistematis,” kata kelompok yang berbasis di New York. “Embargo akan membatasi kemampuan pemerintah Suriah untuk melakukan serangan udara yang melanggar hukum internasional, termasuk dengan melarang Suriah menyediakan helikopter baru atau memberikan dukungan luar untuk melayani mereka.”


Dikatakan larangan perjalanan dan pembekuan aset juga harus dikenakan pada individu yang terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia.


“Satu tahun kemudian, tanggung jawab berada pada pelindung Assad di Dewan Keamanan untuk menghentikan pembantaian warga sipil Suriah oleh pemerintah mereka,” kata Houry. “Negara-negara lain, termasuk Barat dan kekuatan yang muncul, harus meningkatkan tekanan pada Rusia dan China untuk menghentikan sikap menghalangi aksi internasional untuk mengekang kejahatan mematikan pemerintah Suriah,” tambahnya. (aa)





Previous
Next Post »